Pelatihan Entrepreneurship Bagi Mahasiswa Fakultas Teknik Unpatti

Tim Klinik Program Mahasiswa Wirausaha Fakultas Teknik Adakan Pelatihan Entrepreneurship Bagi Mahasiswa.

Kegiatan ini di laksanakan pada hari Selasa 19 September 2023 berlangsung di Ruang Kuliah Umum Fakultas Teknik dan diikuti oleh  60 mahasiswa Fakultas Teknik.

Adapun Agenda Acara yang berlanggsung antara lain Sambutan dari Ketua Tim Klnik Wirausaha, serta Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan & Alumni Fakultas Teknik, sekaligus membuka dengan Resmi Kegiatan Pelatihan Entrepreneurship, Review Dan Pengumuman Proposal Penerima Dana Bantuan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Tahun 2023.

Ketua TIM Pengelola PMW Wilma Latuny, ST., M.Si., M.Phil., Ph.D, saat memberikan sambutan mengatakan, tujuan yang ingin dicapai dari Program Wirausaha yakni,  membentuk, menanamkan mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan bagi mahasiswa, pengalaman wirausaha, mengembangkan wawasan dan mengasah keterampilan berfikir dalam bekerjasama lintas bidang ilmu serta penyelesaian masalah, mengembangkan soft skills, manajerial dalam berinovasi dan berkolaborasi, penguatan metode pengembangan kewirausahaan mahasiswa di perguruan tinggi dan membantu mengurangi potensi tingkat pengangguran terdidik dari perguruan tinggi. Semua tujuan tersebut diharapkan dapat menjawab Indikator Kinerja Utama (IKU) yakni  Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak dan Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus. Lanjutnya, Program Mahasiswa Wirausaha tahun ini diikuti oleh 8 kelompok wirausaha dan masing-masing  kelompok didampingi oleh satu dosen pembimbing. Setelah direview hasil proposal oleh tim reviewer maka akan diumumkan 7 kelompok wirausaha yang terpilih untuk menerima bantuan PMW. Harapannya kegiatan ini dapat berguna bagi para mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan sehingga mahasiswa dapat berperan bagi masyarakat dan pembangunan pada waktunya.

Johan M. Tupan, ST, MT selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik, dalam sambutannya menjelaskan Kewirausahaan sebagai salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh kementerian menjadi bentuk kegiatan diluar kampus yang memberikan ruang gerak yang seluas-luasnya kepada mahasiswa yang memiliki semangat wirausaha. Untuk mendukung program MBKM Fakultas teknik lewat program wirausaha mahasiswa memiliki komitmen untuk memberdayakan mahasiswa dengan pengetahuan, penguatan karakter dasar wirausaha dan dukungan yang dilakukan melalui pelatihan entrepreneurship dalam memulai bisnis dengan dukungan dana yang diberikan.Ia berharap  pemberian dana  yang diberikan kepada kelompok wirausaha mahasiswa dapat bermanfaat untuk membangun usaha, dengan demikian mahasiswa dapat memiliki pengalaman untuk memulai usaha, tetap berkomitmen, disiplin dan memiliki mental untuk terus maju. Ia juga berharap, mahasiswa yang tergabung dalam PMW dapat direkognisi dalam SKS.

Pada kesempatan ini mahasiswa dibekali pengetahuan tentang bagaimana menjadi Entrepreneur yang Sukses dan  merubah Mindset pekerja menjadi wirausaha dengan narasumber yakni Restia Christianty, SE., M.Si Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti dan Ahmad Ilham Sipahutar, ST., M.Si., pengusaha muda.

Salam Wirausaha.
Salam Fakultas Teknik Jaya.