ORIENTASI STUDI PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS (OSPEK) 2016

Orientasi Studi Pengenalan Kehidupan Kampus (OSPEK) Fakultas Teknik merupakan salah satu kegiatan awal yang ditujukan kepada mahasiswa baru angkatan 2016.

Adapun tujuan dari kegiatan OSPEK yaitu :

  1. Mengenalkan arti pentingnya kesadaran berbangsa, bernegara, cinta tanah air, lingkungan dan bermasyarakat.
  2. Mengenalkan tata kelola Fakultas Teknik dan sistem pembelajaran (kurikulum, ko kurikuler dan ekstrakurikurel) di lingkungan Fakultas Teknik.
  3. Memberikan gambaran tentang pentingnya pendidikan karakter khususnya nilai moral, etika, kejujuran, kepedulian, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam kehidupan di kampus dan di masyarakat.
  4. Mendorong mahasiswa untuk proaktif beradaptasi, membentuk jejaring, menjalin keakraban dan persahabatan antar mahasiswa, mengenal lebih dekat dengan lingkungan kampus Fakultas Teknik.
  5. Memotivasi dan mendorong mahasiswa baru untuk memiliki rasa percaya diri yang tinggi.

OSPEK Fakultas Teknik berlangsung selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 29 s.d 30 Agustus 2016 di ruang kuliah Umum lantai II Fakultas Teknik.

 

Peserta OSPEK merupakan mahasiswa baru angkatan 2016 yang terdiri dari :

Program Studi/ Minat Jumlah Peserta (orang)
Reguler Reguler II
Teknik Mesin 85 5
Teknik Perkapalan 55 1
Teknik Sistem Perkapalan 35
Teknik Industri 95 8
Teknik Sipil 149 6
Teknik Perencanaan Wilayah & Perkotaan 116 1
Teknik Informatika 44
Teknik Elektro 14
TOTAL 593 21

Mahasiswa Reguler II hanya mengikuti session pada hari ke 2 (dua) saja, karena sebagian besar dari mahasiswa tersebut telah bekerja. Dispensasi ini diberikan atas persetujuan bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan.

Secara garis besar, materi yang perlu disajikan dalam kegiatan OSPEK Fakultas Teknik, adalah :

  1. Universitas Pattimura : Peran dan Fungsi
  2. Kegiatan Akademik di Fakultas Teknik
  3. Pengenalan nilai budaya, tata karma dan etika keilmuan
  4. Organisasi dan kegiatan kemahasiswaan di Fakultas Teknik
  5. Layanan Mahasiswa
  6. Persiapan Penyesuaian diri di perguruan tinggi.

 

Setiap materi mempunyai sistematika yaitu : tujuan, uraian materi, metode penyampaian.

Selain materi diatas, diberikan juga materi pilihan berupa pengenalan pegawai, dosen dan perangkat organisasi kemahasiswaan. DPMF memberikan pengenalan organisasi di tingkat mahasiswa. Dalam OSPEK ini tidak ada tindakan perploncoan yang dilakukan oleh mahasiswa tingkat atas kepada mahasiswa baru. Secara umum, situasi dan kondisi pada saat pelaksanaan OSPEK berlangsung aman, tertib dan nyaman.

Pada hari I (pertama) diisi dengan ceramah umum yang disampaikan oleh Pejabat Fakultas Teknik yaitu Dekan serta para Wakil Dekan.

Di hari 2 (Kedua) kegiatan OSPEK diisi dengan Peningkatan spiritualitas mahasiswa menghadapi era globalisasi. Dilanjutkan dengan Pengenalan kampus yaitu ruang kuliah, laboratorium, dosen, serta pegawai. Pada acara penutupan, dilakukan pentas seni dan bakat dari mahasiswa menurut program studi masing-masing. Penyematan Jaket Mahasiswa merupakan puncak acara sebagai tanda OSPEK telah berakhir dan seluruh peserta OSPEK diterima menjadi bagian dari keluarga besar Fakultas Teknik. Dalam sambutan penutupan OSPEK, Dekan Fakultas Teknik berharap agar mahasiswa Teknik dapat menjadi pribadi yang santun dan berhasil dalam menjalani studi di Fakultas Teknik.

Orientasi Studi Pengenalan Kehidupan Kampus (OSPEK) Fakultas Teknik berlangsung dengan aman, tertib, tanpa kekerasan dan tanpa perploncoan dari mahasiswa tingkat atas serta dosen/ pegawai Fakultas Teknik.

OSPEK Fakultas teknik memberikan suasana baru dalam proses pembinaan kepada mahasiswa baru. OSPEK yang jauh dari kekerasan dan berbeda dengan kegiatan ospek di tahun sebelumnya. Kami menyampaikan permohonan maaf jika dalam pelaksaan OSPEK terjadi hal-hal yang tidak berkenan. Terima kasih atas bantuan semua pihak sehingga OSPEK Fakultas Teknik 2016 dapat terselenggara dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *