LOMBA KARYA TULIS CIPTA TEKNOLOGI 2016

Lomba Karya Tulis Ccipta Teknologi merupakan sebuah kompetisi penulisan  karya cipta teknologi yang melibatkan mahasiswa-mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pattimura Ambon.

Tema yang diusung adalah “Pengembangan Teknologi Guna Meningkatkan Kreatifitas dan Inovasi Mahasiswa”.

Pengembangan Teknologi bermakna sebagai suatu metode yang berfungsi untuk meningkatkan efektifitas dan daya guna dalam suatu teknologi. Peserta diharuskan mengangkat sebuah topik tentang persoalan dan memberikan solusi berupa pengembangan  teknologi yang inovatif dan ekonomis yang diberikan dalam bentuk karya tulis dan alat atau prototipenya, sehingga terdapat nilai lebih dari teknologi atau metode yang selama ini digunakan. Pengembangan teknologi melalui Rekayasa atau metode tersebut digunakan untuk menciptakan suatu teknologi baru yang mampu memberikan nilai lebih dari potensi yang ada dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju bangsa yang lebih baik. 

Tujuan Lomba ini antara lain :

  1. Merangsang mahasiswa untuk meningkatkan daya kreatif dan inovasi untuk mengembangkan ide-ide yang bermanfaat bagi masyarakat
  2. Menumbuh kembangkan minat penelitian mahasiswa yang berkualitas terhadap perkembangan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Menumbuh kembangkan jiwa kerjasama antar mahasiswa dan dosen dalam pengembangan karya tulis.
  4. Melatih mahasiswa agar dapat berbicara dan beradaptasi didepan forum

Pelaksanaan Kegiatan Lomba Karya Tulis Cipta Teknologi  dilaksanakan pada hari jumat 2 Desember 2016, bertempat di Ruang Seminar Lantai II Fakultas Teknik. Kegiatan ini berlangsung dari jam 13.00 WIT sampai dengan 18.00 WIT.

Lomba Karya Tulis Cipta Teknologi diikuti oleh 5 peserta antara lain :

  1. Muhamad Nur Habib
  2. Rudianto Napitupulu
  3. Kelompok TSP 2 : Mardiansyah, Yudha A. Gani
  4. Kelompok Industri : Randi Umasugi, Rizkifan Pattimura, Rifai Rumadaul
  5. Kelompok TSP : Jaka Ramadhan, S. Dayana pentury, Nur Aini

Dewan Juri Lomba Karya Tulis Cipta Teknologi terdiri dari :

  1. R. H. Siahainenia, MT ; NIP. 196509130994031001, sebagai ketua dewan juri
  2. Tirza J. Kakisina, ST., MT. ; NIP. 196911171995122003, sebagai juri anggota
  3. Ciptoadhi, ST., MT ; NIP. 196907031997031001, sebagai juri anggota

Lomba Karya Tulis mensyaratkan mahasiswa untuk membuat sebuah karya cipta teknologi yang dituangkan dalam bentuk tulisan. Karya dalam bentuk tulisan atau proposal harus sudah dikumpulkan di ruang Kemahasiswaan pada tanggal 1 Desember 2016.

Selanjutnya peserta yang telah menyerahkan proposal karya tulis, harus mempresentasikan karya mereka dihadapan Dewan Juri pada hari jumat 2 Desember 2016.

Presentasi Proposal di mulai pada pukul 13.00 WIT. Setiap peserta diberikan waktu selama 15 menit untuk presentasi, setelah itu dewan juri mengajukan pertanyaan, saran dan tanggapan mengenai karya tersebut.

Kriteria penilaian dari Dewan Juri telah disusun dalam bentuk penilaian yang akuntabel. Sehingga nilai yang diberikan bagi para pemenang dapat dipertanggungjawabkan.

Lomba berakhir pada pukul 18.00 WIT. Dilanjutkan dengan rapat penetapan pemenang oleh Dewan Juri. Peserta diperbolehkan pulang.

Pengumuman pemenang dan penyerahaan hadiah dilaksanakan pada hari senin 5 Desember 2016, bertepatan dengan acara Yudisium Fakultas Teknik.

Lomba Karya Tulis Cipta Teknologi 2016 merupakan yang pertama kali dilaksanakan di lingkungan Fakultas Teknik. Sehingga perlu dimaklumi bahwa peserta masih sangat minim untuk mendaftar. Mahasiswa masih canggung dan belum memiliki kepercayaan diri untuk mengikuti lomba.  Diharapkan pada tahun mendatang, jumlah peserta lebih meningkat dari tahun ini.

PENETAPAN PEMENANG LOMBA KARYA TULIS CIPTA TEKNOLOGI 2016
No Nama PROG.

STUDI

JUDUL KARYA TULIS TOTAL NILAI KET
1 RUDIANTO  NAPITUPULU Teknik Perkapalan Menciptakan Jalur Aman Pelayaran Selama Musim Ombak Untuk Melengkapi Konsep Tol Laut. 791 Juara I
2
  •  RANDI UMASUGI
  • RIZKIFAN PATTIMURA
  •  RIFAI  RUMADAUL
Teknik Industri Mendesain Atap Speedboat Ergonomis (MASE) 787 Juara II
3
  • JAKA RAMADHAN
  • S. DAYANA  PENTURY
  • NUR AINI
Teknik Sistem Perkapalan Sasi Mangrove Terintegrasi : Pengembangan Sasi Mangrove Berbasis Sensor Terintegrasi Untuk Melindungi Hutan Mangrove di KepulauanMaluku 783 Juara III
4 MUHAMAD NUR HABIB Teknik Perkapalan Teknologi Pompa Hydram Untuk Meningkatkan Produktifitas Petani Sayur Daerah Pesisir 767  

Harapan I

 

5
  • MARDIANSYAH
  • YUDHA  A. GANI
Teknik Sistem Perkapalan Winggeni : Teknologi Hybrid Berbasis Generator Magnetik dan Turbin Angin Untuk Meningkatkan Rasio Elektrifikasi Pulau-pulau Kecil 732 Harapan II

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *