SEMINAR PEMBERDAYAAN MAHASISWA

Seminar pada umumnya merupakan sebuah bentuk pengajaran akademis, baik di sebuah universitas maupun diberikan oleh suatu organisasi komersial atau profesional. Kata seminar berasal dari kata Latin seminarum, yang berarti “tanah tempat menanam benih”. Sebuah seminar biasanya memiliki fokus pada suatu topik yang khusus, di mana mereka yang hadir dapat berpartisipasi secara aktif. Seminar seringkali dilaksanakan melalui sebuah dialog dengan seorang moderator seminar, atau melalui sebuah presentasi hasil penelitian dalam bentuk yang lebih formal. Biasanya, para peserta bukanlah seorang pemula dalam topik yang didiskusikan (di universitas, kelas-kelas seminar biasanya disediakan untuk mahasiswa yang telah mencapai tingkatan atas). Sistem seminar memiliki gagasan untuk lebih mendekatkan mahasiswa kepada topik yang dibicarakan. Di beberapa seminar dilakukan juga pertanyaan dan debat. Seminar memiliki sifat lebih informal dibandingkan sistem kuliah di kelas dalam sebuah pengajaran akademis.

Tujuan Pendidikan Tinggi Menurut PP No.60/1999: Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Sejalan dengan tujuan tersebut maka, Fakultas Teknik memandang perlu untuk melakukan seminar pemberdayaan mahasiswa. Seminar ini diharapkan mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan intelektual mahasiswa Fakultas Teknik dalam memahami keahlian dan kemampuan pada saat berada di lapangan pekerjaan.

Seminar pemberdayaan mahasiswa Fakultas Teknik diharapkan memberikan gambaran dan pengalaman mengenai pentingnya penguasaan ilmu, pengetahuan dan teknologi  yang akan diterapkan ketika berada di lapangan pekerjaan. Ilmu pengetahuan yang telah diperoleh sewaktu menjalani proses perkuliahan dapan diimplementasikan ketika mahasiswa terjun ke lapangan pekerjaan. Pada akhirnya, mahasiswa dapat mengkominasikan kemampuan ilmu pengetahuan yang diperoleh pada saat kuliah dengan keahlian terapan yang diperoleh melalui seminar atau pelatihan. Kemampuan dan keahlian inilah yang sangat membantu mahasiswa ketika berada di lapangan pekerjaan.

Seminar pemberdayaan mahasiswa dengan tema : “Kesiapan lulusan Fakultas Teknik Unpatti menghadapi era persaingan global pasar bebas”, akan menghadirkan alumni mahasiswa Fakultas Teknik sebagai pembicara, dan tentunya setiap peserta akan menerima sertifikat sebagai bentuk partisipasi dan penghargaan terhadap kehadiran serta pengetahuan yang telah diperoleh selama seminar.

Adapun Tujuan dilaksanakannya Seminar ini :

  1. Memberikan pengetahuan mengenai bidang ilmu perkapalan dan mesin kepada Mahasiswa Fakultas Teknik
  2. Membagi pengalaman dan keahlian kepada Mahasiswa Fakultas Teknik menganai situasi dan kondisi ketika  berada di lapangan pekerjaan.
  3. Memberikan motivasi dan semangat agar Mahasiswa Fakultas Teknik dapat belajar lebih giat guna memperolah lapangan pekerjaan yang layak.

Pelaksanaan Kegiatan Seminar Pemberdayaan Mahasiswa dilaksanakan pada tanggal 13 Desember 2016, bertempat di Ruang Kuliah Umum, Fakultas Teknik.

Peserta terdiri dari mahasiswa dan dosen Fakultas Teknik

Pembicara : Bambang Safari Alwi, ST.

Beliau adalah alumni Fakultas Teknik tahun 1997, Program Studi Teknik Mesin. Beliau juga adalah  Ex. Senior Surveyor pada  PT. American Bureau of shipping (ABS) BATAM. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pada Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNTK).

Dalam Seminar ini, Pak Bambang selaku Alumni Fakultas Teknik lebuh sering membagi pengalaman beliau selama bekerja. Harapannya semoga para mahasiswa bisa mempersiapan diri sejak dini sebelum terjun ke dunia kerja. Penguasaan bahasa inggris menjadi salah satu faktor penting pada dunia kerja manufakturing. Perusahaan asing sering mengutamakan penguasaan keahlian dan jiwa kepemimpinan bagi karyawan yang baru. Oleh karena itu, sangat penting untuk melengkapi mahasiswa dengan pelatihan ilmu keteknikan, bahasa inggris dan pengembangan leadership.

Akhir dari seminar ini, Beliau memberikan softcopy PDF mengenai materi yang beliau sampaikan serta beberapa softcopy ilmu perkapalan kepada Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan & Alumni agar dapat dibagikan kepada semua mahasiswa yang memerlukan. Beliau juga menandatangai sertifikat seminar yang dibagikan kepada seluruh peserta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *